Panwaslu Patilanggio Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif untuk Pilkada Serentak 2024

Berita0 Dilihat

KINIGORONTALO.COM – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Patilanggio, menggelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif terhadap tokoh masyarakat dan organisasi kepemudaan pada pemilihan kepala daerah serentak . Acara tersebut berlangsung di aula Kantor Camat Patilanggio, Kabupaten Pohuwato, Kamis (19/09/2024).

Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan transfer pengetahuan terkait pengawasan partisipatif terhadap tokoh masyarakat dan organisasi kepemudaan pada pemilihan kepala daerah serentak tahun 2024. Acara tersebut dihadiri oleh pemateri dari unsur eksternal KPU kabupaten Pohuwato, Rinta Ali , peserta dari unsur tokoh masyarakat, organisasi kepemudaan karang Taruna, KNPI se kecamatan Patilanggio.

Ketua Panwaslu Kecamatan Patilanggio, Fatra mengatakan, bahwa sosialisasi yang di laksanakan hari ini adalah sosialisasi yang kedua.

“Ini adalah sosialisasi kedua kemrin kita melaksanakan sosialisasi pada pemilihan pemula,” ujarnya.

Lebih lanjut Ketua Panwaslu ,berharap agar peserta sosialisasi dapat memberikan pemahaman kepada seluruh masyarakat tentang pentingnya menjadi pengawas partisipatif, Dengan pengetahuan yang diperoleh hari ini

“Diharapkan seluruh peserta mampu menyebarkan pemahaman ini ke masyarakat luas,menjadi perpanjangan tangan dari panwaslu kepada masyarakat terkait dengan pemilihan Kepala Daerah serentak 2024,” tambahnya

Melalui kegiatan ini, diharapkan masyarakat dapat mendukung Panwaslu dan ikut aktif dalam pengawasan pemilu kada untuk memastikan pemilihan kepala daerah berjalan dengan lancar

Dalam sambutannya Camat Patilanggio, Imran Kaluku, menyampaikan bahwa sampai hari ini Panwaslu efektif melakukan sosialisasi tanpa henti.

“Sampai hari ini menyangkut pemilu kada ini belum pernah berhenti panwaslu melaksanakan sosialisasi, artinya ini kalau di dalam pelaksanaan nanti kemudian akan terjadi sesuatu maka gagal kerja bawaslu,” katanya.

Imbran juga menekankan kepada peserta yang hadir dalam pertemuan tersebut, untuk tetap menjaga kondusifitas daerah berharap agar pemilu kada di tahun ini jauh dari hal hal yang tidak inginkan bersama

“Ia berharap partisipasi masyarakat tinggi dalam pemilihan kepala daerah serentak tahun 2024 dan di jauhkan dari golput,” tutupnya.