Komitmen Bawaslu Awasi Tahapan Pilkada 2024, Idris Usuli Soroti Praktik Money Politik Selama Masa Kampanye

Ketua Bawaslu Provinsi Gorontalo Idris Usuli saat menjadi narasumber pada Rapat Koordinasi yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Gorontalo di Hotel Grand-Q, Senin (30/9/2024).

KINIGORONTALO.COM – Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Gorontalo, Idris Usuli, menegaskan komitmen lembaganya untuk mengawasi ketat tahapan kampanye pada Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota Tahun 2024. Pernyataan ini disampaikan Idris Usuli saat menjadi narasumber pada Rapat Koordinasi yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Gorontalo di Hotel Grand-Q, Senin (30/9/2024).

 

Dalam forum yang dihadiri berbagai stakeholder terkait, Idris Usuli menyoroti beberapa permasalahan klasik yang masih menjadi tantangan besar selama masa kampanye. “Permasalahan terbesar dari dulu hingga sekarang adalah praktik money politik,” ujar Idris. Ia juga menekankan bahwa selain itu, pelanggaran lain yang berpotensi muncul antara lain penayangan iklan kampanye di media yang tidak sesuai aturan dan pemberitaan yang tidak berimbang.

 

Lebih lanjut, Usuli menjelaskan bahwa potensi pelanggaran lain mencakup penggunaan fasilitas negara dalam kampanye, pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK) yang tidak sesuai ketentuan, serta pelaksanaan kampanye tanpa izin. Selain itu, kampanye yang mengandung unsur SARA dan pelanggaran kampanye di masa tenang juga menjadi sorotan.

 

Untuk memastikan pelaksanaan kampanye berjalan sesuai aturan, Bawaslu Provinsi Gorontalo telah menyiapkan langkah pengawasan yang ketat. “Bawaslu akan melakukan pengawasan ketat terhadap setiap tahapan kampanye. Kami, sampai ke jenjang Panwaslu Kelurahan/Desa, berada dalam satu komando,” tegas Idris, menekankan pentingnya sinergi dalam pengawasan ini.

 

Kegiatan ini bertujuan memperkuat kolaborasi antar lembaga dan memastikan bahwa tahapan kampanye Pilkada 2024 dapat berlangsung secara tertib dan sesuai regulasi.