Kasatpol PP Gorontalo Selesai Jalani Diklat Manajemen PPNS di Lemdiklat Reserse Polri

Berita0 Dilihat

KINIGORONTALO.COM – BOGOR – Kasatpol PP Provinsi Gorontalo, Masran Rauf, telah menyelesaikan Diklat Manajemen PPNS di Lemdiklat Reserse Polri Megamendung Bogor. Diklat selama 30 hari tersebut resmi berakhir dengan upacara penutupan yang dipimpin oleh Kepala Diklat Reserse Polri, Brigjen Pol Agus Santoso, S.IK, MS.i, di Lemdiklat Reserse Polri Megamendung pada Jumat (26/7/2024).

 

Pada upacara tersebut, Masran Rauf, selaku Kasatpol PP Provinsi Gorontalo, menerima Ijazah, medali penghormatan, dan tanda kewenangan Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) atas perwakilan dari 90 peserta dari Kemendagri, Kemenhub, dan Kemendikbud.

 

 

“Alhamdulillah kami telah menyelesaikan Diklat Manajemen PPNS yang berlangsung selama 30 hari. Program ini termasuk pelajaran tentang Wasmalitrik (penyelidikan, penyidikan, penyitaan, penggeledahan), proses hukum dari penangkapan hingga penyerahan berkas perkara ke kejaksaan, manajemen penyidikan, dan hak asasi manusia,” ujar Masran Rauf.

 

Peserta diklat juga melakukan studi lapangan, termasuk kunjungan ke pemerintah Kabupaten Bogor untuk mempelajari praktik terbaik dalam penegakan peraturan daerah, seperti penertiban pedagang kaki lima di sepanjang jalan raya Puncak.

 

“Pelatihan menembak juga menjadi bagian dari program ini, guna meningkatkan keterampilan dan keahlian dalam menggunakan senjata sebagai bentuk pertahanan diri. Peserta yang berhasil menyelesaikan pelatihan ini, akan memperoleh sertifikasi kepemilikan senjata untuk keperluan bela diri,” tambah Masran.

 

Dengan menyelesaikan Diklat Manajemen PPNS, Masran berkomitmen untuk menerapkan pengetahuan yang diperolehnya selama mengikuti diklat untuk memperkuat penegakan hukum dan tata kelola khususnya dalam proses penyidikan pada Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Gorontalo.