17 Ribu Mika Kue Apangi Disediakan di  Festival Apangi Dungalio

Berita0 Dilihat

KINIGORONTALO.COM – Rangkaian Festival Apangi ke-2 di Kecamatan Dungaliyo, Kabupaten Gorontalo, berlangsung semarak dan ramai dipadati oleh masyarakat, di sepanjang bahu jalan di Desa Pangadaa, Sabtu (27/07/24).

Pelaksanaan Festival Apangi yang ke-2 ini, mengalami peningkatan pada jumlah kue apangi yang disediakan, sehingga mengundang kepadatan masyarakat yang begitu banyak.

Ketua Panitia Pelaksana, Suparno Hamzah mengatakan, tahun ini panitia dan masyarakat setempat menyediakan sekitar 17 ribu mika yang disiapkan untuk masyarakat yang hendak berkunjung.

“Alhamdulillah yang disediakan seluruh masyarakat di Kecamatan Dungaliyo, di lima desa sekitar 17 ribu mika. Satu mika itu berisi tiga (biji), jadi jumlah totalnya 17 ribu dikali tiga, ada sekitar 51.000 kue apangi,” terang Suparno, kepada kinigorontalo.com

Sejumlah kue apangi tersebut, kata Suparno, disiapkan pada lima titik di lima desa yang turut mengambil bagian untuk menyiapkan kue apangi di ruas bahu jalan.

“Ada lima titik di lima desa di Kecamatan Dungaliyo, yaitu Desa Pangadaa, Desa Bongomeme, Desa Kaliyoso, Desa Pilolalenga, dan Desa Dungaliyo,” tuturnya menyebutkan.

Tak hanya rangakaian festival apangi, kegiatan ini, ditambahkan Suparno, juga dirangkaikan dengan lomba memasak kue apangi, pemberian bantuan sembako kepada masyarakat yang kurang mampu, dan sunatan massal.

“Kegiatan ini akan kita buat tiga hari. Ada lomba-lomba memasak apangi, memberikan bantuan beras dan sembako kepada fakir miskin, dan sunatan massal bagi orang yang tidak mampu,” pungkas Suparno, saat ditemui usai festival.

Suparno selaku penggagas kegiatan yang bernuansa religi ini berharap, kegiatan ini bisa menjadi kegiatan tahunan yang akan dikemas dan disiapkan secara matang lagi oleh panitia pelaksana.