Jurusan Komunikasi UNG Akan Menggelar Seminar Nasional Etika Konten di Media Sosial

Berita Kampus332 Dilihat

KINIGORONTALO.COM – Media sosial memiliki kekuatan luar biasa untuk menyatukan orang dari berbagai belahan dunia.

 

Namun, seringkali media sosial dijadikan tempat untuk menyebar informasi palsu, kebencian, dan informasi yang menyesatkan. Tentunya hal ini merusak tatanan sosial, dan juga dapat membahayakan individu serta komunitas.

 

Berdasarkan hal tersebut, Jurusan Komunikasi Universitas Negeri Gorontalo (UNG) akan menggelar seminar nasional bertajuk “Etika Konten dan Penyiaran di Media Sosial”.

 

Seminar nasional ini akan dilaksanakan pada Rabu, 22 Mei 2024 pukul 14.00 WITA yang bertempat di Aula Fakultas Ilmu Sosial UNG.

 

Dengan kerja sama antara Jurusan Komunikasi, KPI Pusat, dan Asosiasi Media Siber Indonesia  (AMSI) Gorontalo, seminar ini akan membahas narasi baru untuk meningkatkan kesadaran dalam beretika di media sosial, serta bagaimana cara untuk bertanggung jawab atas penyebaran konten di platform digital.

 

“Seminar ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang pentingnya etika serta tanggung jawab dalam pembuatan dan penyebaran konten di platform digital” ujar Citra F.I.L Dano Putri, selaku Ketua Jurusan Komunikasi.

 

Pada seminar nasional ini terdapat 2 narasumber yaitu Wakil Ketua KPI Pusat, Mohammad Reza, S.Pd., M.I.Kom yang akan membahas Etika Konten di Media Sosial, dan Anggota DPR RI, Elnino M. Husein Mohi, S.T., M.Si yang akan membahas mengenai RUU Penyiaran yang saat ini menjadi polemik di kalangan pers.

 

Ketua AMSI Gorontalo, Verrianto Madjowa dan Konten Kreator, Ryan Gobel akan menjadi pembanding pada seminar nasional ini.

 

Untuk diketahui, seminar nasional ini merupakan gabungan mata kuliah Jurnalisme Online dan proyek akhir mahasiswa magang.