Satgas PPKS Gelar Empower Talks Ajak LLDIKTI, Polda, dan Kejaksaan Masalah Kekerasan Seksual

Berita Kampus530 Dilihat

KINIGORONTALO.COM – Satuan Tugas (Satgas) Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) dibeberapa perguruan tinggi bersama organisasi perempuan di Gorontalo, menggelar kegiatan EMPOWER TALKS dengan tema “Kartini dan jalan panjang kampus merdeka dari kekerasan seksual”. Kegiatan itu berlangsung di Warkop Uslap, Kelurahan Dulalowo Timur, Kecamatan Kota Tengah, Kota Gorontalo, Jum’at (26/04/24).

Dalam hal ini, kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XVI, Polda Gorontalo, dan Kejaksaan Gorontalo. Kegiatan ini bertujuan untuk sharing sessions atau memberi pemahaman lebih lanjut terkait masalah kekerasan seksual serta penanganannya.

Dalam kesempatan tersebut, tim Satgas PPKS turut berbagi pengalaman dalam penanganan dan pencegahan kasus kekerasan seksual.

Tim Satgas PPKS menekankan bahwa jika ada korban yang terlibat dalam kekerasan seksual diharapkan bisa melaporkan diri kepada pihak yang berwajib agar mendapatkan tindakan lebih lanjut. Dan tim Satgas PPKS akan menjamin kerahasiaan dari pelapor.

Tak hanya itu, Satuan Tugas (Satgas) Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) juga terus bergerak aktif dalam memerangi kekerasan seksual yang berada di lingkungan kampus.

“Bahkan sebelum Satgas PPKS ini ada kami sudah melakukan sosialisasi khususnya baik di sosial media, bertemu dengan mahasiswa, saya bahkan dikelas itu selalu mengingatkan tentang PPKS dan seterusnya, ” Ucap Novi Rusnarty Usu, Tim Satgas PPKS UNG.

Diharapkan dari terlaksananya kegiatan ini bisa menjadi langkah awal yang konkret untuk menciptakan lingkungan kampus yang kondusif dan mewujudkan perguruan tinggi yang bebas dari segala bentuk kekerasan, termasuk kekerasan seksual.