Mahasiswa KKN Terintegrasi MBKM Sosiologi, Resmi Dilepas Kepala Jurusan dan wakil Dekan 1 Fakultas Ilmu Sosial

Berita338 Dilihat

KINIGORONTALO.COM – Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo melepas 75 mahasiswa yang terbagi dalam 5 kelompok, untuk mengikuti program kuliah kerja nyata (KKN) di kabupaten pohuwato, kecamatan buntuliya.

Rombongan mahasiswa tersebut akan diberangkatkan pada tanggal 21 maret 2024, jam 6 dengan menggunakan kendaraan roda empat.

Kegiatan pelepasan dihadiri oleh wakil dekan 1, Dr. Yowan Tamu, S.Ag.,MA dan kepala jurusan sosiologi Dr. Rahmatiah, S.Pd,M.Si, serta beberapa dosen pengajar. Acara dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan, dilanjutkan dengan sepatah kata pembuka dari kepala jurusan dan wakil dekan 1, dan diakhiri dengan pembacaan doa dan peresmian.

Melalui kalimat pembuka, wakil dekan 1 Dr. Yowan Tamu, MA memberikan penjelasan bagaimana penerapan ilmu sosiologi, pengembangan capacity building pada masyarakat dan resolusi konflik di lapangan. Dirinya juga memberikan pesan kepada para mahasiswa, karena pada dasarnya kegiatan ini tidak hanya dilaksanakan oleh sosiologi saja, namun terdapat kolaborasi dengan beberapa jurusan seperti geologi dan lainnya.

“Pada pelaksanaan di lapangan nantinya, mahasiswa harus mampu beradaptasi dengan masyarakat, sehingga suasana familiar dapat tercipta di lingkungan, pesan saya untuk para mahasiswa, tetap menjaga kekompakan dan berkolaborasi dengan jurusan lain, karena pada dasarnya kalian membawa almamater Universitas Negeri Gorontalo (UNG), dan bukan atas nama jurusan. Mengingat program MBKM sangat berkaitan dengan era 5.0.” ungkap Yowan.