Mahasiswa Asal UNG Jadi Awardees IISMA di University of Padua, Italia

Berita Kampus284 Dilihat

KINIGORONTALO.COM – Mahasiswa asal Jurusan Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo menjadi peserta IISMA (Indonesian International Student Mobility Awards) merupakan program impian banyak mahasiswa Indonesia yang mempunyai keinginan untuk merasakan dunia perkuliahan di kampus-kampus terkemuka di luar negeri. Program MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) ini tidak hanya memberikan kesempatan belajar selama 1 semester di kampus dan mendapat konversi sebanyak 20 SKS, tetapi juga pengalaman dalam pertukaran budaya secara internasional.

Dian Newslina Wulandari Program Studi. S1 – Ilmu Komunikasi. Angkatan. 2021. Dian Newslina Wulandari merupakan mahasiswa semester 6, sebagai mahasiswa dari Universitas Negeri Gorontalo yang mendapatkan kesempatan menjadi salah satu awardee dari 34 awardees IISMA di University of Padua, Italia tentunya merasakan beberapa perbedaan yang signifikan terutama dari proses perkuliahan itu sendiri. Pengalaman belajar di salah satu universitas tertua di dunia yang sudah berdiri selama 800 tahun ini, memberikan pengalaman belajar yang dilapisi dengan sejarah.

Saya sendiri mengambil 4 mata kuliah diantaranya, English in Intercultural Settings, belajar menggunakan kemampuan komunikasi secara interkultural di lingkup internasional. Developmental Psychology Across Cultures, mendalami tentang perkembangan psikologi yang terjadi pada anak dari lahir hingga dewasa serta faktor-faktor internal maupun eksternal yang mempengaruhi perkembangan tersebut. Psychology of Learning: From Individuals to Cultures, mempelajari perkembangan psikologi dalam proses pembelajaran terhadap individu hingga budaya. History of International Relations, mempelajari sejarah hubungan internasional sejak awal perang dunia pertama sampai dengan akhir 90an.

Sistem perkuliahan disini menggunakan metode tatap muka dan daring. Kelas tatap muka mengharuskan datang ke kelas sesuai dengan tempat di fakultas masing-masing. Perkuliahan di University of Padua tidak hanya berpusat di satu tempat saja, tetapi banyak fakultas yang tersebar di sekitar kota Padua. Terdapat kelas yang aktif berdiskusi dan juga kelas yang dilakukan seperti seminar. Sistem kehadiran juga tergantung dari mata kuliah masing-masing. Untuk mata kuliah yang mewajibkan kehadiran biasanya mengisi daftar kehadiran di aplikasi OrariUnipd dengan menggunakan kode yang diberikan sebelum mulai kelas. Bagi kelas yang tidak mewajibkan kehadiran lebih menekankan terhadap hasil nilai dari tugas-tugas yang diberikan dan hasil dari ujian akhir. Materi perkuliahan di kelas lengkap disediakan di Moodle untuk sarana pembelajaran mandiri.

Sebagai awardee IISMA, kegiatan yang dilakukan selama program 1 semester tidak hanya mengikuti perkuliahan saja, tetapi ada beberapa kegiatan yang wajib dilakukan untuk memenuhi tujuan program. Seperti, BATIK Challenge yang merupakan kegiatan yang memberikan manfaat di lingkungan sekitar dengan menggunakan pakaian batik. Kegiatan yang kami lakukan yaitu “Nuraga: Tabula Rasa” yang artinya membagi kebahagiaan melalui Batik. Disini kami membagi-bagikan makanan gratis ke masyarakat lokal di sekitar kota Padua seperti, bakwan dan martabak manis. HEROES (Humanity, Diversity, Culture, Beyond Boundaries) Challenge adalah kegiatan yang bertujuan untuk menyampaikan apresiasi kepada pahlawan-pahlawan yang telah berkontribusi terhadap Indonesia. Kegiatan ini biasanya diisi dengan memperkenalkan budaya Indonesia ke luar negeri. Kami melakukan kegiatan ini dengan membuat event “Lenggak-Lenggok” dimana kegiatan ini berupa Fashion Show dengan upaya memperkenalkan batik sebagai fashion. Tak hanya itu juga, pembukaan event ini berupa performance tarian Yamko Rambe Yamko yang mempunyai arti perjuangan melawan penjajah. Setelah itu, kami juga menyediakan makanan dan minuman khas Indonesia seperti rendang, dan wedang jahe.

Ada juga beberapa kegiatan individu yang harus dilaksanakan oleh awardees, yaitu wajib mengisi APR (Academic Progress Report) setiap minggu sebagai bentuk pertanggungjawaban dan pengawasan universitas asal terhadap kegiatan yang dilakukan tiap minggu. Dari University of Padua sendiri terdapat organisasi ESN (Erasmus Students Network) yang mengorganisir  beberapa events yang bebas diikuti oleh mahasiswa reguler maupun pertukaran. Events yang diadakan seperti Welcome Party untuk menyambut mahasiswa baru, dan juga City Tour yang berupaya untuk memperkenalkan sejarah pusat kota Padua.