Prodi PPKN UNG Gelar Seminar Nasional dan Jalin Kerjasama dengan UNIMA

Berita Kampus435 Dilihat

KINIGORONTALO.COM – Program studi Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo menggelar Seminar Nasional yang dilaksanakan di Aula FIS, Kamis (14/3/2024).

 

Kegiatan tersebut, mengusung tema yaitu Meningkatkan Civic Participation Sebagai Implementasi Profil Pelajar Pancasila.

 

Dirangkaikan dengan Penandatanganan Implementation Arrangement Program Studi S1 PPKn Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo dengan Program Studi S1 PPKn Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Manado.

 

Dekan Fakultas Ilmu Sosial UNG, Dr. Drs. Zuchri Abdussamad, S.I.K., M.Si mengatakan, kegiatan ini adalah seminar nasional dengan pembicaranya merupakan guru besar dari UNIMA, yaitu Prof. Dr. Apeles Lexi Lonto, M.Si dan Hj. Zulaecha Ngiu, M.Pd dari UNG.

 

“pada prinsipnya, kegitan seminar nasional ini bisa memberikan pokok-pokok pikiran ataupun nilai tambah kepada mahasiswa”.

 

Menurutnya, Disana terjadi silaturahim kedua mahasiswa dan perguruan tinggi khususnya jurusan PPKN

Dalam kesempatan itu, Dilanjutkan perjanjian kerjasama antara dekan FIS UNIMA dan dekan FIS UNG.

 

PKS ini, menekankan pada Kerjasama dalam bidang penelitian, pengabdian Masyarakat dan juga pembelajaran.

 

“alhamdulillah teman-teman dari PPKN UNIMA sudah melakukan kegiatan pembelajaran bagi dosen UNIMA dan sebaliknya dosen PPKN UNG mengajar di UNIMA. Dan ini bisa memperkaya IKU kita terutama dosen mengajar di luar,” ucap Dr. Zuhri.

 

 

Ia juga menjelaskan, Kegiatan ini adalah tindak lanjut yang sudah dilakukan oleh prodi PPKN dan ini berdampak juga pada prodi S2 PPKN UNG yang sudah membuka diri. bagi alumni PPKN dan  UNIMA bisa melanjutkan studi S2 di UNG.

 

Selain itu, Sekertaris Jurusan PPKN Ariyanto Nggilu, S.Pd., M.Pd, mengatakan, bahwa kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka membangun Kerjasama dengan kampus UNIMA.

 

“ Kami bekerjasama dan berkolaborasi dalam bidang  Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian ada Masyarakat antara S1 PPKn Universitas Negeri Gorontalo dengan S1 PPKn Universitas Negeri Manado” ujarnya.