Gorontalo Masuk KEN Kemenparekraf 2024

Berita1083 Dilihat

KINIGORONTALO.COM – Tiga dari 30 festival di Gorontalo yang tersebar di enam kabupaten/kota, masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) 2024. Ketiga festival tersebut adalah Gorontalo Karnaval Karawo, Festival Danau Limboto, serta Festival Pesona Pohon Cinta.

KEN dan Calender Of Event Gorontalo 2024 tersebut diluncurkan langsung oleh Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno, di Aula Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Gorontalo Rabu, (28/2/2024). Peluncuran ditandai dengan membunyikan alat musik polopalo.

Sandiaga menyebut, terdapat beberapa alasan kurator memilih tiga festival tersebut masuk dalam KEN 2024. Di antaranya, dinilai dari aspek lingkungan, pelibatan masyarakat, serta adanya festival yang telah mendunia.

“Tiga festival tersebut dipilih karena, pertama Festival Danau Limboto tentu untuk mempertahankan ekosistem pelestarian alamnya, kemudian Pesona Pohon Cinta di Pohuwato, terpilih karena melibatkan masyarakat dan komunitas dalam festival yang berlangsung sepanjang tahun, sementara karnaval karawo alasannya karena kain karawo telah mendunia dan sudah jadi ikon Gorontalo yang dikenal mancanegara,” jelasnya.

Diketahui, kegiatan tersebut juga dirangkaikan dengan penandatanganan kesepakatan bersama tentang pengembangan destinasi, ekonomi kreatif, dan pengembangan promosi pariwisata Gorontalo. Kesepakatan bersama itu ditandatangani oleh Penjagub Ismail Pakaya, Ketua Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA), serta Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia.

Ada juga Ketua Himpunan Pramuwisata Indonesia, Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan Kelas III Gorontalo, dan Kepala Bandara Djalaluddin Gorontalo.