Gorontalo Didorong Kembangkan Pariwisata melalui Inovasi dan Kolaborasi

Berita Kampus381 Dilihat

Menparekraf RI Sandiaga Salahuddin Uno saat meninjau UMKM yang turut hadir pada kegiatan peluncuran KEN (Kharisma Event Nusantara) dan Calender of Event Gorontalo, Rabu (28/2/2024). 

KINIGORONTALO.COM – Gorontalo siap menggalang upaya untuk memajukan sektor pariwisata dan ekonomi melalui inovasi dan kolaborasi. Ini diungkapkan oleh Sandiaga Uno dalam acara peluncuran KEN (Kharisma Event Nusantara) dan Calender of Event Gorontalo, dengan penekanan pada pentingnya pengembangan ekosistem pariwisata yang berkelanjutan di wilayah tersebut, Rabu (28/2/2024).

Menyadari posisinya sebagai “Serambi Madinah” dan keunggulan sebagai destinasi pariwisata halal nomor satu di dunia, Gorontalo berkomitmen untuk terus mengembangkan ekosistem pariwisata halal. Hal ini tidak hanya akan meningkatkan jumlah wisatawan, tetapi juga akan memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi lokal.

“Harapan saya adalah bahwa keindahan destinasi, sajian seni, dan budaya ini dihadirkan melalui event luar biasa. Festival ini memiliki potensi untuk mengubah pola pikir dan pada akhirnya membawa inovasi dalam hal pembiayaan. Saya berharap festival ini juga dapat menjadi solusi bagi masalah yang dihadapi oleh masyarakat, seperti meningkatnya inflasi yang membuat harga beras terasa mahal. Festival-festival ini diharapkan mampu memicu peningkatan produksi dan melancarkan proses distribusi,” ujar Sandiaga.

Media digital menjadi peran penting dalam memperluas pasar pariwisata. Dengan melibatkan anak muda dan mendorong inovasi dalam pemanfaatan media digital, Gorontalo berharap dapat menjangkau lebih banyak wisatawan dan meningkatkan kunjungan ke event-event yang diselenggarakan.

Sandiaga memberikan apresiasi atas peluncuran KEN dan Calender of Event Gorontalo. Meskipun Gorontalo dikenal dengan potensi sumber daya alamnya, namun sektor pariwisata diharapkan mampu menjadi salah satu pendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi lagi.

“Saya memiliki keyakinan yang kuat bahwa langkah-langkah ini akan membawa Gorontalo menuju kemajuan yang lebih baik di masa depan. Semoga upaya ini tidak hanya memberikan dampak positif bagi masyarakat Gorontalo secara keseluruhan, tetapi juga dapat menjadi salah satu langkah penting dalam upaya pengurangan tingkat kemiskinan di wilayah ini,” imbuhnya.

Pegembangan pariwisata dinilai Sandi perlu didorong dengan kajian yang lebih komprehensif, dengan menerapkan skema tiga G, yaitu Gercep (Gerak Cepat), Geber (Gerak Bersama), dan Gaspol (Garap Semua Potensi Online). Gorontalo diyakini akan menjadi lebih maju dan memberikan dampak positif bagi masyarakat setempat.