Mahasiswa Magang Jurnalistik MBKM Mandiri FIS UNG Angkatan II Resmi Dilepas

Berita Kampus350 Dilihat

KINIGORONTALO.COM – Dekan Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Gorontalo (UNG), Dr. Zuchri Abdussamad, M.Si, melepas 100 mahasiswa magang Jurnalistik program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) mandiri, Selasa (27/3/2024).

Selain mahasiswa peminatan Jurnalistik, juga konsentrasi Komunikasi Strategis yakni kehumasan, desain grafis, konten kreatif serta periklanan.

Penempatan mahasiswa ini di Gorontalo dan Makassar, Sulawesi Selatan. Pelepasan magang MBKM mandiri angkatan ke-2 Jurusan Komunikasi berlangsung di aula FIS UNG.

Dekan FIS UNG, Dr. Zuchri, dalam sambutannya, menyampaikan apresiasinya terhadap semangat dan kesiapan mahasiswa menghadapi masa magang.

Penanda tanganan PKS-IA antara Fakultas Ilmu Sosial, Jurusan Komunikasi, dan Hotel Yulia

 

“Kita berharap peserta magang dapat menyelesaikan tugasnya selama 3 bulan dengan baik,” ungkapnya.

 

Dalam kesempatan tersebut, Perwakikan organisasi konstituen Dewan Pers, seperti SMSI, JMSI, AMSI, IJTI, PWI dan AJI telah menerima semua peserta magang yang di Gorontalo. Begitu pula dengan pimpinan Hotel Yulia, serta LLDIKTI.

 

 

Dekan FIS UNG, Dr. Zuchri Abdussamad, M.Si (tengah) bersama para pimpinan dan direktur media mitra Magang Jurnalistik MBKM Mandiri. (Foto: Istimewa)

 

“Kegiatan ini juga dilakukan penandatanganan Penanda tanganan PKS-IA antara Fakultas Ilmu Sosial, Jurusan Komunikasi, dan Hotel Yulia sebagai mitra magang. Penandatanganan ini menandai komitmen bersama dalam memberikan pengalaman magang yang berkualitas,” tambahnya.

 

Sebelumnya, Jurusan Komunikasi dan organisasi konstituen Dewan Pers telah melakukan pembekalan bagi mahasiswa peserta magang Jurnalistik.

 

Peserta magang memperoleh materi antara lain, manajemen media massa, pengelolan perusahaan pers di Indonesia, organisasi media & non media.

 

Pengenalan jurnalistik praktis, seperti Dasar-Dasar Jurnalistik, jurnalistik online, cetak, TV, dan radio. Begitu pula dengan materi bisnis & pemasaran digital, etika periklanan, riset perilaku konsumen serta produk klien, brand equity.

 

Juga Materi, Komunikasi Strategis mencakup Dasar-Dasar Public Relations, Peran Humas Perusahaan dan governance public relation (GPR), menyusun pesan public relations, press release, dan mengukur efektivitas public relations.