Paripurna HUT ke-21 Kabupaten Pohuwato 

Berita Kampus439 Dilihat

Penjabat Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya saat melakukan pemotongan tumpeng pada rapat paripurna dalam rangka memperingat Hari Ulang Tahun ke-21, di Ruang Sidang DPRD, Kecamatan Marisa, Minggu (25/2/2024). 

KINIGORONTALO.COM, Kab. Pohuwato  – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Pohuwato menggelar rapat paripurna dalam rangka memperingat Hari Ulang Tahun ke-21. Kegiatan ini turut dihadiri Penjabat Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya, bertempat di Ruang Sidang DPRD, Kabupaten Pohuwato, Kecamatan Marisa, Minggu (25/2/2024).

Ketua DPRD Pohuwato, Nasir Giasi sebagai pimpinan rapat menyampaikan, 21 tahun bukan waktu yang singkat dengan banyak tantangan yang dihadapi. Salah satunya diantaranya tragedi yang terjadi pada tanggal 21 September 2023.

“Ulang tahun merupakan merefleksi perjalanan yang ditempuh sepanjang tahun ini. Dengan ulang tahun kita berharap ada perubahan signifikan untuk perjalanan hidup berikutnya,” ungkap Nasir.

Terlepas dari itu, perjalanan panjang ini juga memberikan catatan prestasi kerja yang cukup besar seperti penurunan angka tengkes (stunting) dari 36,4 persen menjadi 6,4 persen. Angka ini merupakan prestasi terbaik di wilayah Indonesia Timur.

Penurunan angka kemiskinan berdasarkan data Badan Statistik Kabupaten Pohuwati yang turun dari 17,87 persen menjadi 17,62 persen. Kemudian, mulai beroperasinya Bandar Udara Pohuwato.

“Dibalik keberhasilan ini masih terdapat kekurangan yang menjadi pekerjaan rumah yang perlu diselesaikan seperti masalah banjir, maraknya pengrusakan lingkungan, ketersediaan air bersih, tuntutan masyarakat penambang tradisional, isu pengangguran dan inflasi,” jelas Nasir.

Di tempat yang sama, Penjagub Ismail dalam sambutannya menyampaikan terima kasihnya kepada pejabat bupati dan wakil bupati yang telah memimpin Pohuwato selama ini. Tak lupa juga kepada elemen masyarakat, khususnya para pejuang yang memperjuangkan Pohuwato bisa berdiri dengan kokoh sebagai salah satu kabupaten di Indonesia.

“Tidak terasa sudah 21 tahun Kabupaten Pohuwato berdiri. Banyak hal yang telah dicapai dalam rangka membangun dan menciptakan kesejahteraan Kabupaten Pohuwato,” ungkap Ismail.

Pelaksanaan rapat paripurna diakhiri dengan ramah tamah dan pemotongan tumpeng yang dilakukan oleh Penjagub Ismail, Bupati Syaiful Mbuinga, Wakil Bupati Suharsi Igirisa, dan Ketua DPRD Pohuwato. (gorontaloprov)