Mahasiswa Magang MBKM Mandiri Jurusan Komunikasi UNG Terima Pembekalan

Berita Kampus415 Dilihat

KINIGORONTALO.COM – Ratusan Mahasiswa Jurusan Komunikasi Universitas Negeri Gorontalo (UNG) akan mengikuti Program magang Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Mandiri selama 3 bulan.

Program Magang MBKM merupakan program yang diinisiasi oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan melalui pihak kampus yang bertujuan untuk memberikan wawasan dan pengalaman praktis kepada mahasiswa seputar dunia kerja.

Sebelum mengikuti magang pada 1 Maret 2024 nanti, para peserta diberikan pembekalan terlebih dahulu oleh jurusan.

Pembekalan tersebut, diselenggarakan dalam rangka mempersiapkan para mahasiswa untuk menghadapi tantangan saat di instansi atau di tempat magang nantinya.

Wakil Ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Republik Indonesia, Mohammad Reza turut memberikan pengarahan di hari terakhir pembekalan magang yang berlangsung di Aula Fakultas Ilmu Sosial (FIS), Jumat (23/02/2024).

Saat memberikan pembekalan, Wakil Ketua KPI RI tersebut berbagi pengalaman serta memberikan gambaran tentang dunia kerja dan berbagi tips bagaimana menghadapi tantangan-tantangan selama menjalani magang di tempat kerja.

Selain itu, Reza merupakan Dosen di Jurusan Komunikasi UNG menyampaikan beberapa point penting agar para mahasiswa perlu memiliki rasa ingin tahu yang tinggi serta inovatif, dan yang tidak kalah penting adalah mempersiapkan dan memperkuat mental ketika di tempat magang nanti.

“Saya selalu percaya bahwa anak magang itu karena dia tidak kuat mental maka dia tidak akan mendapatkan apa-apa, dia tidak mendapatkan sesuatu dari tempat belajarnya”, ungkap Reza.

“Jika bicara realita rata-rata anak magang yang berhasil itu adalah anak-anak yang mau belajar, biarpun dimarahi tidak mundur ia belajar lagi, karena itu tadi mengapa mental itu sangat penting ketika di tempat kerja nanti” tambahnya.

Ditempat yang sama, Ketua Jurusan Komunikasi, Citra Dano Putri berharap agar para mahasiswa lebih mempersiapkan diri lagi mengingat waktu magang yang semakin dekat.

“mahasiswa perlu mempersiapkan rancangan kegiatannya selama magang, kemudian CV atau portofolio, surat tugas dari jurusan, kemudian evaluasi diri atau logbook,” tandasnya.

Penulis: Oktavira Mamula