Bawaslu Kabupaten Gorontalo Antisipasi Pelanggaran Jelang Pemilu 

Berita Kampus691 Dilihat

KINIGORONTALO.COM – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Gorontalo mengantisipasi potensi kerawanan dan pelanggaran yang dapat terjadi selama masa tenang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Apel Siaga Pengawasan Penyelenggaraan Tahapan Masa Tenang di Sport Centre Limboto, Kamis (08/02/2024).

Pelanggaran tersebut dipandang sebagai ancaman serius terhadap integritas dan kestabilan jalannya proses pemilu soal money politik atau politik uang sebagai bentuk serangan fajar.

Cara atau strategi dalam rangka membeli suara yang di lakukan untuk memenangkan calon yang bakal menduduki posisi sebagai pemimpin politik.

Ketua Bawaslu Kabupaten Gorontalo, Alexander Kaaba mengungkapkan bahwa selama masa tenang yang berlangsung pada tanggal 11 hingga 13 Februari 2024, salah satu perhatian utama adalah mengantisipasi kemungkinan terjadinya serangan fajar.

“Sebab berdasarkan evaluasi kami, di akhir-akhir masa kampanye ini mulai banyak oknum-oknum yang melakukan hal-hal dilarang (Politik uang),” tuturnya.

Olehnya itu, menurut Alexander Kaaba bahwa guna mengantisipasi pelanggaran pemilu tersebut, pihaknya telah memberikan himbauan kepada seluruh peserta pemilu.

“Berdasarkan instruksi Bawaslu RI, agar tidak ada melakukan kegiatan yang mengarah ke politik uang,” ungkapnya.

“Kami juga menghimbau untuk menertibkan Alat Peraga Kampanye (APK) secara mandiri, kemudian tidak ada yang melakukan kegiatan kampanye dalam bentuk apapun pada tahapan masa tenang,” sambung Ketua Bawaslu Kabupaten Gorontalo tersebut.

Ia juga meminta agar semua masyarakat dapat turut terlibat dalam kerja-kerja pengawasan Pemilu. Apabila ada dugaan pelanggaran Pemilu langsung dilaporkan ke Bawaslu.