Bawaslu Ajak Peserta Pemilu dan Masyakarat Jalankan Nilai Prinsip Demokrasi

Berita812 Dilihat

KINIGORONTALO.COM – Idris Usuli jelaskan Bawaslu Provinsi dan Kabupaten/Kota sampai tingkat kecamatan kelurahan dan desa telah Fokus dalam melaksanakan tugas pengawasan kampanye sejak tanggal 28 November 2023 sampai tanggal 14 Januari 2024 dan hingga saat ini belum ada pelanggaran atau temuan dan laporan money politik.

Hal tersebut disampaikan pada dialog demokrasi di IAIN Sultan Amai Gorontalo pada Minggu malam, (14/01/2024).

Dirinya juga menambahkan bahwa pada masa kampanye Bawaslu telah melakukan pengawasan secara maksimal, bahkan Bawaslu telah melakukan mitigasi (pencegahan).

“Misalnya peserta pemilu mengatakan ambil uangnya jangan pilih orang, hal tersebut tindakan yang melanggar dan itu kami telah ingatkan jangan sampai kejadian tersebut terulang lagi”. Ujar Idris

Oleh karena itu, Eks Komisioner KPU Bone Bolango menilai Peserta Pemilu dan Masyakarat Jalankan Nilai Prinsip Demokrasi bahwa penting untuk meningkatkan pemahaman tentang bagaimana praktik politik uang dapat merusak prinsip demokrasi. Dirinya juga mengajak masyarakat dan peserta pemilu jangan menodai pesta demokrasi tahun 2024 dengan praktek politik uang karena itu merusak nilai-nilai demokratis seperti transparansi, partisipasi masyarakat dan akuntabilitas politik, pungkasnya.