Buka Rakor Pengelolaan Data Penangan Pelanggaran, Begini Penjelasan Idris Usuli 

Berita812 Dilihat

KINIGORONTALO.COM – Ketua Bawaslu dan Anggota Bawaslu Provinsi Gorontalo, Idris Usuli dan Amin Abdullah Membuka serta memberikan materi pada Kegiatan Rapat Koordinasi Pengelolaan Data Penanganan Pelanggaran pada tahapan Pemilu Tahun 2024 bgi saksi DPD-RI dan Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Pohuwato. Di Kantor Bawaslu Kabupaten Pohuwato pada Sabtu, (30/12/2023).

Dalam Kegiatan tersebut Idris memberikan materi terkait Peran Saksi Peserta Pemilu Pada Tahapan Pungut Hitung Pemilu Serentak 2024, Idris berharap “teman-teman panwas dan teman-teman saksi terus melakukan koordinasi terkait hal-hal yang menjadi potensi pelanggaran pada saat pelaksanaan Pungut Hitung sehingga data yang ada pada Saksi bisa sama dengan data hasil pengawasan yang dilaksanakan Panwas Kecamatan sehingga dapat dipertanggungjawabkan sampai di Mahkamah Konstitusi nanti”.

Sementara Amin Abdullah memberikan materi terkait manajemen pengetahuan saksi Peserta Pemilu, beliau menyampaikan bahwa pelatihan saksi sebenarnya akan mulai dilakukan di Bulan Januari, karena memang pelatihan saksi ini merupakan hak dari peserta pemilu. Ia menambahkan dalam pelatihan saksi itu ada 3 prinsip yang harus diperhatikan yakni satu pengetahuan, dua keterampilan dan ketiga sikap. Oleh karena itu untuk saksi harus memahami 3 Unsur tahapan Dsftar Pemilihn yakni DPT, DPTb, dan DPK. Hal ini penting karena pencocokan di Mahkamah Konstitusi nanti. Jelas Amin.

 

Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut salah satu peserta Hursin Yahya yang juga merupakan LO DPD RI Rahmijati Jahya menuturkan bahwa dirinya sangat merespon dengan baik kegitan Pelatihan Saksi Colon DPD RI yang digelar oleh Bawaslu Kabupaten Pohuwato yang telah memberikan penguatan kapasitas kepada para saksi dalam rangka menghadapi pesta demokrasi 2024.

“Kami sangat mengapresiasi Pelatihan Saksi DPD RI yang telah dilaksanakan oleh Bawaslu Kabupaten Pohuwato”, tutur Hursin.

Dirinya juga menilai Bawaslu Kabupaten Pohuwato selama ini telah bekerja dengan maksimal. Oleh karena itu ia mengharapkan sama-sama untuk mewujudkan pemilu tahun 2024 dapat berjalan dengan baik.