BNNK Bone Bolango Provinsi Gorontalo Jelaskan Rehabilitasi di Desa Bersinar, Upaya Intervensi Berbasis Masyarakat

Bone Bolango143 Dilihat

KINIGORONTALO.COM – Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Bone Bolango Provinsi Gorontalo dalam kurung waktu setahun telah meningkatkan ketahanan diri keluarga serta ketahanan diri remaja menangkal penyalahgunaan narkoba.

 

Strategi yang di menekankan program P4GN pada bidang pencegahan, pemberdayaan masyarakat, dan rehabilitasi.

 

Kepala BNNK Bone Bolango Mohammad Agus Anwar bersama Andi Isna Arifandi (Katim Cegah dan Dayamas), Devi Aryani (Kassubbag Umum), Ismawati Pidu (PJ. Rehabilitasi) memberikan keterangan pada konferensi pers di Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, Jumat (22/12/2023)

 

“Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Bone Bolango Provinsi Gorontalo sepanjang tahun 2023 mencanangkan dua kecamatan di kabupaten itu menjadi Kecamatan Bersih dari Narkoba (Bersinar)”.

 

Desa bersinar menjadi program unggulan bidang pencegahan dengan intervensi program P4GN di wilayah pedesaan untuk menciptakan lingkungan yang kondusif dan aman.

 

BNNK Bone Bolango berinovasi mencanangkan 2 kecamatan bersinar, di antaranya 7 desa di kecamatan Tapa, dan 9 desa di kecamatan Botupingge, dan ini sangat di apresiasi oleh pemerintah daerah kabupaten Bone Bolango.

 

Dari hasil pemetaan BNNK Bone Bolango tahun 2023, dari 164 desa yang ada di kabupaten Bone Bolango, terdapat 0 desa dengan kategori bahaya, 42 desa kategori waspada, 38 desa kategori siaga dan 85 desa kategori aman.

 

Di tempat yang sama, Andi Isna Arifandi (Katim Cegah dan Dayamas) mengatakan bahwa upaya rehabilitasi di desa bersinar dilakukan dengan intervensi berbasis masyarakat (IBM). IBM merupakan upaya intervensi berkelanjutan terhadap penyalahguna narkoba yang diselenggarakan oleh masyarakat, dari masyarakat, dan untuk masyarakat. sebagaimana kita ketahui bersama kualitas dan kuantitas lembaga rehabilitasi milik pemerintah dan masyarakat belum dapat memenuhi kebutuhan masyarakat akan layanan rehabilitasi, sehingga BNN mengembangkan program yang disebut ibm sebagai solusi untuk menjawab permasalahan di atas. ibm dimaksudkan untuk melakukan layanan rehabilitasi yang bersifat ringan di masyarakat maupun intervensi berkelanjutan.

 

Tahun 2023 BNNK Bone Bolango telah membentuk dua IBM Simphony di desa Kramat kec. Tapa dan IBM Merdeka di desa Luwohu kec. Botupingge yang telah menangani kecanduan narkoba di tingkat ringan dan coba-coba, petugas IBM tersebut telah menangani klien sebanyak 20 orang.