Gelar Sosialisasi Literasi Digital, Bangun Karakter Siswa Sekolah

Berita747 Dilihat

KINIGORONTALO.COM – Mahasiswa Jurusan Komunikasi UNG melakukan sosialisasi Literasi digital di SMPN 3 Gorontalo, Selasa (5/12/2023).

 

Sosialisasi dilakukan sejak 26 November 2023 lalu oleh mahasiswa Komunikasi UNG untuk meningkatkan pemahaman bersosial media bagi siswa dan siswi SMPN 3 Gorontalo.

 

Nurhaliza M dan Hasna Arsyad menyampaikan kecakapan dasar yang perlu dimiliki dalam dunia digital, serta mengenalkan aturan dan etika yang harus dipatuhi agar lebih nyaman bermedia sosial.

 

“Kecakapan dalam menjaga keamanan saat melakukan aktivitas digital perlu kita miliki. Bagaimana misalnya kita memperlakukan kata sandi (password), cara mengidentifikasi konten atau tautan yang mencurigakan, yang perlu benar-benar kita pahami dan kuasai,” tutur Nurhaliza.

 

Ditempat yang sama, Hasna Arsyad mengatakan bahwa pelaksanaan kegiatan sosialisasi pihak sekolah sangat mendukung kegiatan sosialisasi Literasi Digital yang dilakukan oleh tim Mahasiswa, dan siswa/i yang antusias mengikuti kegiatan.

 

Literasi digital adalah salah satu indikator dalam pendidikan dan kebudayaan untuk menciptakan cara berfikir peserta didik yang kritis dan kreatif.

 

Literasi digital memicu peserta didik dari penerima informasi yang pasif menjadi aktif. Sebagai generasi muda penerus bangsa, maka peserta didik disetiap sekolah harus memiliki pemahaman dan keterampilan terkait Literasi Digital.