Warkop Demokrasi, Wadah Diskusi Parpol yang Disediakan Pemkab Gorontalo

Berita600 Dilihat

KINIGORONTALO.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo menyediakan wadah kepada berbagai partai politik (Parpol) untuk berdiskusi melalui warung kopi (Warkop) Demokrasi.

 

Konsep diskusi melalui Warkop Demokrasi ini diinisiasi oleh jajaran Pemkab Gorontalo melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Gorontalo.

 

Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo hadir dan melaunching Warkop Demokrasi tersebut. Tidak hanya Bupati Gorontalo, unsur Bawaslu, KPU dan berbagai partai politik di Kabupaten Gorontalo turut meramaikan kegiatan tersebut.

 

Diwawancarai usai acara ceremoni, Bupati Nelson menyampaikan rasa syukur atas terbentuknya Warkop Demokrasi tersebut. Menurut dia, wadah seperti ini perlu dibentuk agar partai politik bisa saling berbagi dan bersilaturahmi, apalagi bahasan politik bisa dibilang cukup sensitif, terlebih mendekati gelaran pemilihan umum (Pemilu) yang tidak lama lagi.

 

“Hari ini kita melaunching warkop demokrasi, seiring dengan dimulainya kampanye. Nah, biasanya kan kampanye ini menimbulkan gesekan, atau hal-hal negatif di lapangan. Maka, kami pemerintah daerah berinisiatif untuk membuat warkop demokrasi ini,” ungkap Nelson, Senin malam (04/12/2023).

 

Lebih lanjut kata Bupati, pihaknya bisa mengundang pihak KPU maupun Bawaslu untuk berdiskusi membahasa hal-hal mengenai pemilu di warkop itu.

 

“Ini juga bisa dijadikan posko, jadi jika terjadi sesuatu mereka bisa melaporkannya disini. Ini juga menjadi tempat diskusi, mungkin saja ada yang belum paham aturan, maka kita bisa mengundang KPU dan Bawaslu untuk berdiskusi,”

 

Hadirnya Warkop Demokrasi diharapkan bisa menambah wawasan seluruh partai politik untuk menyongsong pemilu yang adil, berdaulat dan aman.

 

“Ini juga bisa menjadi tempat untuk kita evaluasi, bagaimana perkembangan pemilu sampai saat ini. Sudah beberapa lama ini di Kabupaten Gorontalo tidak ada problem, kita harap ini terus terjaga,” pungkas Nelson.