Diseminasi Sensus Pertanian, BPS Provinsi Gorontalo Gelar Rakorda

Berita788 Dilihat

KINIGORONTALO.COM – Kepala BPS Provinsi Gorontalo membuka Rapat Koordinasi Daerah Sensus Pertanian 2023 Provinsi Gorontalo, di ASTON Gorontalo Hotel & Villas, Senin (4/12/2023).

 

Kepala BPS Provinsi Gorontalo Mukhamad Mukhanif melaporkan hasil sensus pertanian 2023, yaitu terkait Jumlah Usaha Pertanian Perorangan (UTP) di Provinsi Gorontalo, persentase umur/generasi yang berprofesi sebagai petani.

 

“Dilihat dari jumlah petani persebarannya itu di usia-usia 40-50 tahun, jadi diusia tidak terlalu renta tetapi regenerasi itu ada, bahwa usia-usia itu walau mengecil tetapi tidak akan langsung habis dan ternyata masih berlangsung” jelasnya.

 

Dikesempatan itu, Penjabat Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya menyampaikan bahwa dari data yang sudah dan akan dipublikasi oleh BPS ada beberapa hal yang perlu ditindak lanjuti oleh pemerintah provinsi maupun kota seprovinsi Gorontalo, yang pertama adalah segera melakukan pemdanan data hasil sensus dengan data yang dimiliki oleh sektor dinas pertanian, dinas kelautan dinas perternakan yang terkait dengan data hasil sensus pertanian 2023.

 

Kedua data ini menjadi penting dalam pengambilan penyususnan program kegiatan 2024 sampai dengan tahun mendatang, sekaligus juga menjadi data untuk menyusun rencana pembangunan jangka menengah, Pembangunan jangka Panjang provinsi Gorontalo dan kabupaten kota provinsi Gorontalo.

 

“kita ini menggunakan data hasil sensus 2013 dan jangan sampai terjadi antara program dengan data, itu banyak programnya dibandung datanya,” lanjutnya.