Gorontalo Jadi Tuan Rumah Pertemuan Pejabat APPSI di Indonesia

Nasional332 Dilihat

KINIGORONTALO.COM – Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI), menggelar seminar nasional bertempat di Hotel Aston Kota Gorontalo, Senin, (27/11/2023). Pada kesempatan itu, Ismail memperkenalkan falsafah Gorontalo yang terkenal dengan “Adat Bersendikan Syara’, Syara Bersendikan Kitabullah”.

 

Falsafah yang memiliki arti “Hukum adat berdasarkan hukum agama, hukum agama berdasarkan Alquran” ini, ia kenalkan pada seluruh peserta seminar APPSI perwakilan dari tiap provinsi se-Indonesia. Menurutnya, falsafah ini mirip dengan yang ada di Sumatra Barat.

 

“Saya tidak tahu, kenapa falsafahnya hampir sama dengan Sumatra Barat. Tapi memang sejarahnya, falsafah ini diajarkan kepada kami sebagai masyarakat Gorontalo. Semoga, selama berada di Gorontalo, para peserta seminar mendapatkan kesan yang baik dan menyenangkan,” harap Ismail.

Penjabat Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya dan seluruh Peserta seminar Nasional yang diselenggarakan oleh Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI), bertempat di Hotel Aston Kota Gorontalo, Senin, (27/11/2023).

Penjabat Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya mengatakan bahwa saya sangat bersyukur dengan dipilihnya Gorontalo menjadi tuan rumah sehingga ini menjadi kegiatan ajang silahturahmi bagi semua pejabat APPSI yang ada di Indonesia dengan semboyang torang semua bersodara (kita semua bersaudara)”.

 

“ini bisa menjadi aspirasi bagi Pemerintah provinsi kegiatan seminar yang dilakukan APPSI kali ini merupakan hal yang sangat penting dengan tujuan membuka ruang diskusi dan kesadaran bersama dengan isu-isu besar tentang sosial, ekonomi, politik dan meningkatkan kerjasama antar daerah. Keberadaan APPSI yang bertugas pada bidang pemerintahan dan pelayanan bagi seluruh masyarakat Indonesia, sebagai forum alternatif bagi para pemangku kepentingan,” kata penjagub dalam sambutannya.

 

Selain itu,  pembukaan acara APPSI oleh Dr. H. Al Haris, S. Sos., M.H. selaku Ketua Umum APPSI sekaligus Gubernur Jambi (melalui zoom meeting) menyampaikan bahwa semoga seminar ini menghadiahkan banyak pandangan dan pendapat yang menghadirkan keberlangsungan bagi pemerintah Daerah dan tetap menjaga kualitas keberlangsungan APPSI,” ujarnya.

 

Bertajuk Kepemimpinan Etika Pemerintah Pasca Pemilihan Presiden dan Pemilihan Kepala Daerah Serentak dan diawali dengan tarian daerah khas Gorontalo yaitu tarian saronde “Tari Penyambutan” yang meriah.

 

Kegiatan ini di hadiri Ketua Umum APPSI secara daring dan Gubernur seluruh Indonesia atau perwakilannya, Pejabat Provinsi Gorontalo, Instansi Vertikal Gorontalo, Ketua KPI Gorontalo, dan Ketua Bawaslu Gorontalo secara langsung.