Dihadapan Workshop Pembinaan Ideologi Pancasila, Bawaslu Provinsi Gorontalo Terus Imbauan Peserta pemilu Lakukan Kampanye Sesuai Aturan

Berita701 Dilihat

KINIGORONTALO.COM – Bawaslu Provinsi Gorontalo menghadiri Workshop yang diselenggarakan IAIN Sultan Amai Gorontalo di Aula Kampus IAIN Sultan Amai Gorontalo Senin, (20/11/2023).

 

 

Demokrasi sudah menjadi pilihan terbaik untuk menentukan peralihan kepemimpinan bangsa. Melalui demokrasi, seluruh rakyat indonesia memiliki kesempatan yang sama untuk berpartisipasi aktif. “baik dalam penyelenggaraan teknis prosedural. Juga menjadi penyelenggara pemilu yang mengemban amanah.

 

Lismawy menegaskan bahwa peraturan perundang-undangan sangat jelas menyatakan kepentingan pancasila dalam demokrasi.

 

“Beberapa bukti yang bisa kita lihat syarat menjadi penyeleggara pemilu, baik Bawaslu, KPU dan DKPP, syaratnya adalah setia kepada pancasila.

 

Bukan hanya sampai disitu melainkan syarat menjadi presiden dan wakil presiden, anggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota, juga syarat menjadi anggota DPD, semuanya harus setia kepada pancasila,”

 

Dirinya menambahkan bahwa menghadapi tahapan kampanye Bawaslu tentu mengupayakan melakukan pencegahan dan upaya pencegahan yang dilakukan Bawaslu Provinsi Gorontalo diantaranya membuat imbauan kepada KPU dan peserta pemilu untuk melakukan kampanye sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan, melakukan konsolidasi memberdayakan bersama pengawas pemilu di setiap  jenjang, baik melalui koordinasi, monitoring dan evaluasi, supervisi, dan pembinaan pengawas pemilu, melakukan strategi pencegahan yang terintegrasi melalui teknologi informasi, pengawasan secara langsung atas setiap aktivitas/kegiatan kampanye, melakukan pencegahan kolaboratif bersama multi stakeholder pemilu serta mendirikan posko aduan masyarakat terkait dugaan pelanggaran pada tahapan kampanye. Pungkasny