Peduli Ibu Hamil, Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo Gelar Workshop Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular

Berita686 Dilihat

 

KINIGORONTALO.COM – Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo menggelar Workshop Deteksi Dini dan Tata Laksana Penyakit Menular Pada Ibu Hamil yang dilaksaanakan di Mess Haji, Hotel EL-Madinah Kota Gorontalo. Rabu, (15/11/2023),

 

Kegiatan ini dihadiri dokter dan para pekerja tenaga medis Dinas Kesehatan guna membahas tentang penyakit menular pada ibu hamil, seperti tuberkulosis, HIV (Human Immunodeficiency Virus), hepatitis, kusta, dan frambusia.

Kepala Bidang Pencegahan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, Jeane Dalie berkata, mengatakan bahwa workshop ini bertujuan untuk menyegarkan kembali pengetahuan para pengelola program, baik itu Bidang P2P (Pencegahan Pengendalian Penyakit) dan Bidang Kesehatan Masyarakat.

 

“Kegiatan ini merupakan bentuk pencegahan dan pengendalian penyakit,” ungkapya

 

Jeane menjelaskan bahwa kegiatan ini menggunakan pendekatan promotif presentif yang diharapkan dapat menurunkan insiden risiko, prevalensi penyakit dan menurunkan komplikasi yang nantinya akan ditemui pada masyarakat.

 

Selain itu, Irma Cahyani, salah satu dokter yang ada di workshop tersebut mengungkapkan, kusta adalah infeksi.

 

“kusta diawali dari bercak, bisa berwarna putih bisa juga merah. Tanda-tanda kusta yaitu, bercak dikulit tapi tidak ada rasa, penebalan saraf, dan saat memeriksa di lab BTA positif,” tutupnya.