Workshop Artificial Intelligence Menginspirasi Mahasiswa Fakultas Teknik

Berita Kampus1733 Dilihat

KINIGORONTALO.COM – Dalam upaya memperluas pengetahuan dan pemahaman mahasiswa Fakultas Teknik tentang kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI), berlangsung di Aula Lantai 3 Unisan, Rabu (8/11/2023).

Workshop ini dilaksanakan Fakultas Teknik Universitas Ichsan Gorontalo. Kegiatan tersebut berfokus pada konsep dasar AI, perkembangan terbaru dalam bidang ini, serta aplikasi praktis yang relevan dalam dunia teknik.

Pemateri dalam Workshop adalah Dr. Muh. Sabir M. SE. M.Si dan Dekan Fakultas Teknik Dr. Ir. Stephan Adriansyah Hulukati ST., MT. M.Kom sebagai Moderator dalam Kegiatan.

Kegiatan diinisiasi oleh kerja sama antara Fakultas Teknik dan BEM Fakultas Teknik Universitas Ichsan.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor 3 UNISAN Dr. Kingdom Makkulawuzar, S.H., M.H. menekankan pentingnya memahami dan menguasai AI dalam era digital ini.

“Kecerdasan buatan telah menjadi bagian integral dari berbagai sektor, termasuk teknik. Workshop ini adalah kesempatan berharga bagi mahasiswa untuk mengembangkan pemahaman mendalam tentang AI dan bagaimana itu dapat mengubah dunia teknik,” kata Warek 3

Workshop juga membahas tren terbaru dalam AI, seperti penggunaan AI dalam kendaraan otonom, pengolahan bahasa alami, dan pengenalan wajah. Mahasiswa mendapatkan wawasan yang berharga tentang perkembangan terkini dalam dunia AI dan potensi dampaknya di masa depan.

Peserta diberi kesempatan untuk bertanya langsung kepada para pakar AI, sehingga mereka dapat memahami lebih mendalam tentang konsep dan aplikasi AI.

Peserta workshop, Andi Roihan mahasiswa Teknik Elektro, merasa sangat terinspirasi acara ini.

“Saya selalu tertarik pada AI, dan workshop ini benar-benar membuka mata saya tentang seberapa luas dan pentingnya bidang ini. Saya berencana untuk terlibat lebih dalam dalam belajar AI setelah ini,” ujarnya.

Selain memberikan pengetahuan, workshop ini juga membuka peluang kolaborasi antara Fakultas Teknik dan industri. Banyak perusahaan yang berpartisipasi dalam workshop ini menunjukkan minat dalam merekrut mahasiswa Fakultas Teknik yang berbakat dalam bidang AI.