Gubernur Ehime Jepang Kagum Potensi Perikanan dan Pertanian Gorontalo

Berita807 Dilihat

KINIGORONTALO.COM – Wakil Gubernur Prefecture Ehime Mr. Hideki Tanaka melakukan Kunjungan kerja di Provinsi Gorontalo. Pada Selasa (7/11/2023), yang menjadi momen yang sangat penting bagi provinsi Gorontalo dalam memperkuat suatu hubungan Kerjasama antara kedua wilayah tersebut.

 

Ehime Mr. Hideki Tanaka menyampaikan bahwa provinsi Gorontalo memiliki sektor perikanan dan pertanian yang dominan.

 

“Dengan adanya suatu peningkatan kualitas dan didukung oleh pemerintah, sektor- sektor ini dapat berkembang dengan sangat pesat,” ungkapnya, di rumah dinas Gubernur”.

 

Menurut tanaka, kota-kota yang berkembang pesat di seluruh wilayah dunia memiliki perikanan

dan pertanian yang maju.

 

Untuk memperjelas mereka meminta kerja sama dengan nelayan dan petani yang ada di Gorontalo para petani dan nelayan harus proaktif untuk menyatakan pendapatnya dan mengungkapkan permasalahan-permasalahan yang terjadi, agar mereka bisa mengatasinya.

 

Kemudian untuk wisata, memang ada banyak tempat wisata di Gorontalo, namun kalua terdapat masalah air limbah tidak dapat diatasi mungkin bisa jadi salah satu kekurangan. “Oleh karena itu,

limbah merupakan suatu permasalahan yang penting untuk diperbaiki oleh pemerintah.”

 

Point yang terpenting pada pertemuan kerja sama ini yaitu dalam pertukaran SDM yng tidak hanya mengirimkan para ahlinya namun berkerja sama juga dengan Universitas yang ada di Gorontalo seperti Universitas Negeri Gorontalo dan bekerja sama dalam penelitian-penelitian.

 

Harapan dari kunjungan kerja sama ini, terwujudnya kerja sama yang nyata dengan kolaborasi yang baik.