GELAR KONSOLIDASI P3PD, DINILAI PERKUAT KAPASITAS DI TINGKAT DESA

Berita994 Dilihat

KINIGORONTALO.COM – Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Budiyanto Sidiki membuka sekaligus menjadi narasumber pada Konsolidasi P3PD Tingkat Provinsi Gorontalo, di Hotel Aston, Senin (6/11/2023).

 

Pelaksanaan Program Penguatan Pemerintah dan Pembangunan Desa (P3PD) dinilai sangat penting untuk meningkatkan kapasitas di tingkat desa.

 

Kegiatan ini merupakan rapat konsolidasi pendanaan dari program P3PD yang di biayai sepenuhnya oleh kementerian, tetapi di senergikan dengan program yang ada di tingkat provinsi dan kabupaten/kota.

 

Program P3PD ini mendorong kapasitas kemitraan dan Pembangunan bagi aparat desa. Pelatihan ini sudah selesai dan akan dilakukan monitoring evaluasi sejauh mana dampaknya.

 

Pj. Sekda Budiyanto Sidiki mengatakan bahwa kegiatan P3PD perlu dilakukan dalam rangka memperkuat kapasitas di tingkat desa agar memiliki kecakapan dan kompetensi mengelola desa dengan baik salah satunya bagaimana mereka meningkatkan kualitas perencanaan dan juga belajarnya.

 

“ada sebuah riset dimana sebuah desa sebelum dana desa diberlakukan, desa tersebut sangat mandiri secara finansial akan tetapi ketika dana desa diberlakukan desa ini mengalami ketergantungan yang besar terhadap dana desa. Hal ini perlu di monitoring dan menanamkan minset bahwa dana desa bersifat stimulus, karena desa justru memiliki kebebasan dalam konteks normative menurut regulasi untuk mengembangkan desanya, memiliki pendapatan jauh lebih besar daripada dana desa,” kata Budiyanto Sidiki.

 

 

Budiyanto menyoroti dana desa yang memberikan ketergantungan sehingga desa tidak mandiri secara finansial. Padahal, dana desa ini sifatnya hanya sebagai stimulus dan pemdes memiliki kebebasan dalam mengembangkan pendapatannya.

 

“Dana desa ini dia sifatnya hanya memberikan stimulus. Desa itu punya kebebasan dalam konteks normatif regulasi untuk mengembangkan desanya memiliki pendapatan yang jauh lebih besar dibandingkan dana transfer melalui dana desa ini,” ungkap Budiyanto.

 

Untuk itu, pelaksanaan P3PD ini sangat diperlukan untuk memperkuat kapasitas di tingkat desa agar kecakapan dan kompetensi dalam rangka mengelola desa tersebut bisa dilaksanakan dengan baik. Salah satunya bagaimana meningkatkan kualitas perencanaan dan kualitas belanja.

 

Budiyanto juga menambahkan agar melalui dana desa dapat memprioritaskan hal-hal spesifik yang memiliki aspek pelayanan utama, termasuk prioritas isu nasional yang sumbernya dari visi di desa. Contohnya tengkes dan kemiskinan ekstrim.

 

“Perlu kita memperkuat sinergi. Pada rapat ini kita konsolidasikan pendanaan P3PD di tingkat Provinsi Gorontalo melalui pendanaan tingkat pusat maupun apa yang perlu di backup dinas tertentu pada program ini sesuai prioritas,” ungkap Budiyanto.

 

Turut hadir pada Konsolidasi Pelaksanaan P3PD ini Ditjen Bina Pemerintahan Desa Dalam Negeri yang diwakili Arsiparis Ahli Madya, Nurmeiti Handayani, Plt Kadis Dukcapil, Zukri Suratinoyo, dan Kabid Pemdes, Samsudin Mohangga.

 

Pewarta: Faizal/Niranti

Editro: Ramansyah