ORMAWA MATOLODULAHU FOK UNG SUKSES KEMBANGKAN DESA WISATA LOMULI PUHUWATO

Organisasi mapala Matodoluho Fakultas Olahraga Dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo sukses dalam melaksanakan program pendampingan desa wisata berbasis olahraga di desa Lomuli, kabupaten Pohuwato melalui Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa), program ini merupakan program penguatan kapasitas ormawa melalui serangkaian proses pembinaan ormawa oleh perguruan tinggi yang diimplementasikan dalam program pengabdian dan pemberdayaan masyarakat. Desa Lomuli merupakan desa wisata yang memiliki daya tarik wisata olahraga pegunungan, yakni paralayang dan pendakian.

Pendanaan dari program pendampingan desa wisata Lomuli berasal dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi melalui program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan, sebagai bentuk kolaborasi dengan perguruan tinggi dalam mewujudkan masyarakat sejahtera dan mandiri.

Program berlangsung selama tiga bulan dalam menyusun, merencanakan, mengaplikasikan serta pendampingan langsung kepada masyarakat yang tergabung dalam kelompok sadar wisata (Pokdarwis) dan gotong royong masyarakat disekitar lokasi desa wisata, serta keterlibatan langsung oleh aparatur desa Lomuli Pohuwato dalam mensukseskan program desa wisata olahraga Lomuli. Sebanyak sepuluh mahasiswa pecinta alam Dari Fakultas Olahraga Dan Kesehatan yanh terlibat langsung dalam program pendampingan masyarakat yang didampingi oleh dosen pembimbing atau pendamping lapangan.

Berbagai pencapaian dalam pendampingan desa wisata yang telah rampung diselesaikan oleh tim dan dosen sebagai wujud karya nyata dalam program ini, antara lain adalah gerbang selamat datang, Pos pelayanan wisata, Toilet, papan informasi, peta jalur pendakian serta website desa wisata serta penyusunan SOP desa wisata lomuli.

Menurut keterangan yang disampaikan oleh Muhammad Faisal Lutfi, dosen pembimbing lapangan yang berasal dari Jurusan Pendidikan Jasmani kepada jurnalis, menjelaskan bahwa program ini adalah satu kesatuan antara seluruh lapisan dan elemen yang ada ditengah masyarakat desa lomuli, pohuwato.

“Keberhasilan program pengabdian masyarakat ini adalah wujud implementasi dari kerjasama dan kolaborasi yang baik antara masyarakat dan mahasiswa, tentunya tidak terlepas dari dukungan pemerintah desa lomuli dalam mencapai target target yang telah disusun dan disepakati bersama melalui musyawarah atau FGD sebelumnya”. Ujar Muhammad Faisal Lutfi.

Keberadaan desa wisata olahraga Lomuli diharapkan menjadi program strategis pemerintah desa Lomuli dalam mewujudkan desa mandiri dan unggul dalam pemanfaatan sumberdaya alam yang tersedia, sehingga mampu membuka lapangan pekerjaan dan meningkatkan perekonomian warga lokal melalui pengelolaan desa wisata yang berkelanjutan kedepannya.