Kesbangpol Provinsi Gorontalo Ajak Generasi Mudah Cegah P4GN

Berita743 Dilihat

KINIGORONTALO.COM – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Gorontalo menyelenggarakan kegiatan peningkatan kapasitas generasi muda dalam upaya pencegahan, pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN) di Roemah Marly, Kota Gorontalo, Kamis (26/10/2023).

 

Penjabat Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya menegaskan bahwa upaya Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) tidak hanya menjadi tugas pemerintah, melainkan tugas semua pihak.

 

Sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya narkoba dan pentingnya peran aktif dalam mencegah penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.

 

Dalam sosialisasi ini, peserta diberikan pemahaman mengenai jenis-jenis narkoba yang sering disalahgunakan, dampak negatif yang ditimbulkan oleh narkoba, serta cara-cara untuk mencegah dan melawan penyalahgunaan narkoba.

 

Selain itu, peserta juga diajak untuk berperan aktif dalam menjaga lingkungan mereka agar bebas dari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.

 

Salah satu Narasumber, Muchars Daud selaku Koordinator Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNNP Gorontalo, memberikan pesan untuk masyarakat agar terhindar dari penyalahgunaan narkoba dengan cara kenali lingkungan, kenali masyarakat, kenali kawan.

 

Menuruttnya, jangan langsung mempercayai kalau ada orang yang mengajak atau membujuk, dan mencoba untuk menghindar dari bujukan atau rayuan itu karena pengedar selalu mencari kawan dalam penyebarluasan narkobanya.

 

“Dengan oknum menyebarluaskan narkoba tentu untung di dia, rugi di kita. Makanya itu kita perlu telusuri dan perlu dalami apakah informasi yang kita terima ini menguntungkan buat kita atau menjerumuskan kita.

 

Muchars juga menjelaskan, kadang – kadang ketika kita dengan orang orang tersebut, kita dipancing untuk masuk dan akan diberi tawaran – tawaran yang menggiurkan.

 

“Ketika kita tertarik atau terjerumus dalam hal tersebut, kita akan susah untuk keluar dari hal negatif itu. Oleh karena itu bijak – bijaklah bergaul, bijak – bijaklah berkomunikasi, jangan sampai kebablasan, ambil hal positif buang negatif,” ujar Muchars.

 

Sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik kepada masyarakat tentang bahaya narkoba dan pentingnya peran aktif dalam mencegah penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba. Dengan adanya kesadaran yang tinggi dalam masyarakat, diharapkan jumlah kasus penyalahgunaan narkoba dapat berkurang dan lingkungan yang aman dan bebas dari narkoba dapat tercipta.

Sosialisasi Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) Oleh Cipayung Plus dan Kesbangpol

 

Hadir berbagai  perwakilan – perwakilan dari Presiden BEM seluruh Universitas di Gorontalo, dan Organisasi Kemahasiswaan seperti IMM, GMNI, KAMMI, HMI, GMKI, PMII, dan PMKRI.