John Hendri Purba Ajak Mahasiswa Beri Edukasi Ke Masyarakat Lawan Politik Uang dan Politik Identitas

Berita Kampus599 Dilihat

KINIGORONTALO.COM – Badan Pengawas Pemilu Provinsi Gorontalo menghadiri Seminar Nasional yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Pemikiran Politik Islam IAIN Sultan Amai Gorontalo di Kampus 1, Rabu (04/10/2023).

Anggota Bawaslu Provinsi Gorontalo John Hendri Purba mengatakan bahwa persoalan politik identitas juga dapat mengakibatkan pesta demokrasi tidak berjalan dengan baik. Oleh karena itu, penting bagi Mahasiswa harus mampu memberikan edukasi kepada masyarakat agar politik identitas tidak bisah digunakan pada jalanya Demokrasi.

Dirinya menambahkan bahwa politik Identitas telah dilarang oleh undang-undang sebagaimana diatur dalam undang-undang 7 tahun 2017 pasal 280 angka (1) huruf c disebutkan bahwa pelaksana,peserta,dan tim Kampanye Pemilu dilarang menghina seseorang agama suku ras golongan dan calon atau peserta pemilu yang lain.

Seminar yang mengambil tema “Peran Politik Identitas Dalam Konteks Perkembangan di Indonesia Menuju Pemilu 2024” dihadiri oleh Wakil Dekan 3 Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, Ketua Jurusan dan Mahasiswa IAIN Sultan Amai Gorontalo.

Selain itu, dengan maraknya politik uang adalah masalah serius yang dapat merusak integritas demokrasi. Praktik politik uang dapat mempengaruhi hasil pemilihan dengan cara yang tidak sehat, mengurangi keadilan, dan menghalangi partisipasi warga dalam proses politik. Oleh karena itu, John Purba mengharapkan Mahasiswa yang hadir mengajak masyarakat untuk bersatu melawan politik uang dan politik identitas serta mendukung transparansi serta integritas dalam sistem politik. Pungkasnya