Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro UNISAN Gelar Kunjungan Ilmiah ke PLTA Tanggari dan Politeknik Negeri Manado.

Berita Kampus723 Dilihat

KINIGORONTALO.COM – Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Universitas Ichsan Gorontalo melakukan kunjungan ke Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Tanggari dan laboratorium kampus Politeknik Negeri Manado, Jumat (29/9/2023).

 

Kunjungan ilmiah ini merupakan salah satu program mata kuliah pembangkit energi listrik yang dilakukan oleh mahasiswa Teknik Elektro Universitas Ichsan Gorontalo.

 

Selaku Dosen pendamping, Frengki Eka Putra Surusa, ST., MT. mengatakan bahwa pada saat melakukan kunjungan ilmiah mahasiswa tersebut mendapatkan pengetahuan dan ilmu teknologi tentang sistem pembangkit energi listrik yang memanfaatkan tenaga air.

 

PLTA Tanggari terletak didaerah Minahasa Utara dengan memanfaatkan aliran air dari danau Tondano menggunakan sistem Kascade. PLTA Tanggari mampu menghasilkan daya listrik sebesar 19 MegaWatt yg mensuplai energi listrik ke daerah Minahasa, Manado sampai dengan Bitung.

 

Disamping itu, mahasiswa diperkenalkan dengan prinsip kerja dari pembangkit listrik yang memanfaatkan tenaga air. Mulai dari sumber energi dengan memanfaatkan aliran air dari danau Tondano sampai ke sistem penyalurannya tegangan tinggi 70 kV. Diperkenalkan juga dengan sistem turbin, generator, tranformator daya, dan sistem kontrol elektronik.

 

“Setelah kami berkunjung di PLTA Tanggari di Minahasa Utara selama 5 jam, kemudian kami bergeser ke kampus Politeknik Negeri Manado yg ada di Kota Manado”. .

 

Ketua rombongan yang juga Ketua Himpunan Mahasiswa Elektro Unisan, Akbar Kamaru Ramadhan mengungkapkan bahwa kunjungan ilmiah di Politeknik Negeri Manado, kami di disambut langsung sekretaris jurusan Teknik Elektro. Kami di perkenalkan dengan fasilitas laboratorium yang lengkap dan memadai. Mulai dari laboratorium komputer, laboratorium instalasi penerangan dan tenaga, laboratorium mesin-mesin listrik dan laboratorium pengukuran serta kontrol elektronik. Disamping itu, kami juga diperkenalkan beberapa prototype dan hasil karya tugas akhir dari mahasiswa.

 

“Kunjungan ilmiah ini kami lakukan setiap tahunnya sebagai bentuk aplikasi dari program mata kuliah teori, sehingga apa yang dapat di ruang belajar bisa melihat secara langsung dilapangan tentang sistem pembangkitan energi listrik secara nyata dan beberapa fasilitas laboratorium yang ada dikampus Politeknik negeri Manado sebagai bahan referensi untuk pengembangan di kampus kami. Nantinya selesai dari kampus dan menjadi alumni kami sudah tau dan mempunyai skill/ketrampilan ketika sudah terjun di dunia industry”. Tutupnya