Bkkbn Gorontalo Gelar Hari Kontrasepsi Sedunia

Bkkbn Berkolaborasi Dengan TNI di Fasyankes Rumah Sakit Tentara, Rumkitban kota Gorontalo.

Kota Gorontalo433 Dilihat

KINIGORONTALO.COM – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Gorontalo melaksanakan Pekan Pelayanan KB Serentak Dalam Rangka Memperingati Hari Kontrasepsi Sedunia Tahun 2023. Selasa (26/09/2023)

 

Bkkbn Provinsi Gorontalo berkolaborasi dengan TNI 1304/Gorontalo di Pekan Hari Kontrasepsi Sedunia yang di laksanakan di Fasyankes Rumah Sakit Tentara, Rumkitban kota Gorontalo.

 

Peringatan Hari Kontrasepsi Sedunia sendiri, dalam rangkaian di acara Contraception Day (WCD) 2023 tahun ini, BKKBN mengusung tema “Kolaborasi Pelayanan KB Nusantara dalam percepatan penurunan stunting”.

 

Hari Kontrasepsi Sedunia/Word Contraception Day Tahun 2023 BKKBN di acara “Pekan Pelayanan KB Serentak’ di seluruh Indonesia. Pelaksanaan Pekan Pelayanan KB Serentak ini dilaksanakan pada tanggal 26 September sampai dengan 04 Oktober 2023.

Kegiatan ini diintegrasikan dengan pelaksanaan Pelayanan KB dalam rangka TNI Manunggal Bangga Kencana Kesehatan Terpadu tahun 2023, untuk itu kolaborasi ini melibatkan TNI (Kodim) pangkalan TNI AL (Lanal), pangkalan TNI AU (Lanud) dalam memberdayakan Bintara Pembina desa (Babinsa)/Bintara Pembina Potensi Maritim (Babinpotmar)/ Bintara Pembina Potensi Dirgantara (Babinpotdirga) untuk menggerakan calon akseptor KB ke tempat pelayanan KB di seluruh fasilitas pelayanan kesehatan di Provinsi Gorontalo.

 

Jenis Pelayanan KB mencakup seluruh jenis kontrasepsi terdiri dari Pil, Suntik, Kondom, IUD, Implan, MOP dan MOW untuk seluruh pasangan usia subur yang ingin anak tunda dan tidak ingin anak lagi serta memprioritaskan keluarga beresiko stunting dengan memperhatikan kualitas pelayanan KB.

 

Sasaran pelayanan KB berupa pelayanan KB ulangan, Pelayanan KB Ganti cara, pelayanan KB pasca persalinan, dan Pelayanan KB baru selain KB pasca persalinan.

 

Tempat pelayanan dilakukan di seluruh fasilitas pelayanan kesehatan (Rumah sakit, Puskesmas, Klinik Pratama, Praktik Dokter, dan Praktik Mandiri Bidan serta Fasyankes TNI).