Dinas Arpus dan Perpusnas RI, Gelar Akreditasi Bagi Perpustakaan Lembaga Pendidikan di Gorontalo

Kota Gorontalo375 Dilihat

KINIGORONTALO.COM, Kota Gorontalo – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (ARPUS) Provinsi Gorontalo bersama Perpustakaan Nasional (PERPUSNAS) RI, melaksanakan kegiatan Akreditasi bagi Perpustakaan Umum, Perpustakaan Sekolah, dan Perpustakaan Perguruan Tinggi di Gorontalo.

 

Pelaksanaan dari akreditasi tersebut turut dihadiri oleh Tim Asesor Perpustakaan Nasional, yang berlangsung di Kantor Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Gorontalo, Rabu (20/09/23).

 

Akreditasi Perpustakaan bagi lembaga pendidikan di Gorontalo, juga turut menghadirkan Pustakawan sekolah dan Dinas Arpus Kabupaten Boalemo yang saat itu memperoleh sertifikat akreditasi.

 

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Gorontalo Ridwan Hemeto, mengatakan bahwa pelaksanaan akreditasi ini merupakan sebuah pengakuan, yang mana Perpustakaan itu sudah memiliki standar pelayanan dan standar pengelolaan yang baik.

 

“Pelaksanaan akreditasi ini kan, sebetulnya hanya merupakan pengakuan bahwa Perpustakaan ini memiliki standar pelayanan, ada standar pengelola, standar sarana prasarana yang harus dipenuhi untuk menjadi sebuah Perpustakaan,” jelas Ridwan, kepada kinigorontalo.

 

Dalam sambutannya Ridwan berpesan pada pengelola perpustakaan, bahwa akreditasi bukan tujuan akhir, janganlah setelah memperoleh sertifikat akreditasi perpustakaan maka berakhir pula tugas pengelola perpustakaan. Mari kita sama-masa bersinergi dan kolaborasi mewujudkan fungsi perpustakan sehingga mampu meningkatkan minat baca masyarakat dan indeks pembangunan literasi masyarakat.

 

Juga dijelaskan Ridwan, dari akreditasi ini Perpustakaan diharapkan bisa memberikan nuansa baik dan sarana prasarana yang memadai bagi Pemustaka, sehingga transfer ilmu bisa diperoleh lewat Perpustakaan.

 

Dalam hal ini, Ketua Tim Asesor Drs. Renus Siboro, M. Si., menuturkan bahwa Provinsi Gorontalo tahun ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya, karena Gorontalo sudah pernah menjuarai di tingkat nasional.

 

“Selamat dan sukses atas pencapaian prestasi tersebut, saya juga menyampaikan apresiasi atas kinerja Dinas Arpus yang berhasil membawa nama Gorontalo ke tingkat nasional, demikian Renus menuturkan”.” jelas Renus Siboro, saat memberikan sambutan.

 

Dalam hal ini, Ketua Tim Asesor Perpusnas, mengapresiasi atas kinerja Dinas Arpus Provinsi yang berhasil membawa nama Gorontalo ke tingkat Nasional.