Bangun Kesadaran Masyarakat Cakap Dan Santun Digital di Kawasan Teluk Tomini, Begini Kata Noval Sufriyanto Talani

Berita Kampus717 Dilihat

KINIGORONTALO.COM – Universitas Negeri Gorontalo  (UNG)  melaksanakan Training of trainers (TOT) yang mengusung tema “Gerakan Nasional Revolusi Mental, Mari Kita Bangun Kesadaran Masyarakat Untuk Cakap & Santun Digital berlangsung di rektorat Lt 4, Selasa (12/9/2023).

 

Program Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) Tahun 2023 di Kawasan Teluk Tomini yang didukung oleh Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) melalui skema kerjasama dengan Forum Rektor Indonesia (FRI).

 

Hampir dua dekade terakhir, perkembangan teknologi digital semakin progresif. Manusia dihadapkan pada berbagai kemudahan dan kecepatan yang instan. Dibalik itu semua, ketajaman teknologi digital dalam menghancurkan peradaban manusia tak bisa dianggap remeh.

 

Dampak media sosial menciptakan polarisasi di masyarakat yang berawal dari dukungan politik yang berbeda. Ciri kesantunan ala ketimuran seolah telah hilang karena menguap di tengah gegap gempita kemajuan teknologi digital.

 

Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) sangat mengapresiasi penyeberan informasi melalui Web, media sosial atau lini masa dari masing-masing Perguruan Tinggi dan akan reupload di media.

 

Direktur Pusat Inovasi Universitas (PIU) UNG Dr. Funco Tanipu, S.T., M.A. menjelaskan dalam kegiatan ini dapat berdampak positif kepada masyarakat khususnya di kawasan Teluk Tomini.

 

“Kedepannya masyarakat bagi generasi muda bisa menggunakan internet secara cerdas dan positif,” kata Funco.

 

Selain itu, PIC GNRM UNG Dr. Noval Sufriyanto Talani, S.Sn, M.Ds, M.Si mengatakan bahwa ini menjadi langkah awal cakap dan santun digital di Kawasan Teluk Tomini.

 

“Kami melatih para dosen muda di UNG untuk menjadi trainers untuk membimbing mahasiswa, aparatur desa, masyarakat dan pelajar yang di dalamnya termuat nilai-nilai GNRM,” kata Noval.

 

Kegiatan tersebut dihadiri seluruh dosen khususnya dosen-dosen muda (angkatan 2022).