Bawaslu Provinsi Gorontalo Libatkan Stakeholder Dalam Pengawasan Partisipatif

Sosialisasi Pengawasan Pemilu dan Penyusunan DPTb serta DPK.

Berita719 Dilihat

KINIGORONTALO.COM – Badan Pengawas Pemilu Provinsi Gorontalo melakukan Sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif dalam rangka Pengawasan penyusunan Daftar pemilih tambahan (DPTb) dan daftar pemilih khusus (DPK) dilaksanakan di Hotel Aston Kota Gorontalo, Minggu (10/9/2023).

Kegiatan yang dihadiri Ketua dan Anggota kepala sekretariat Bawaslu Provinsi Gorontalo, Bawaslu Kabupaten/Kota, Dinas Dukcapil Provinsi, Organisasi Kemasyarakat, organisasi kemahasiswaan, dan masyarakat serta Stakeholder terkait.

 

Dalam sambutan pembukaan acara sosialisasi Ketua Bawaslu Provinsi Idris Usuli mengatakan bahwa kegiatan tersebut sebagai upaya untuk mengedukasi masyarakat dan melibatkan semua elemen dalam pemantauan dan pengawasan proses pemilu. Ini melibatkan pihak-pihak seperti kelompok masyarakat sipil, organisasi non-pemerintah, dan individu untuk memastikan pemilu berjalan dengan transparan, adil, dan sesuai dengan aturan.

Idris berharap agar seluruh pengawas dan demisoner turut memberikan atensi terhadap upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pengawasan pemilu. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa pemilu berjalan dengan baik dan hasilnya mencerminkan kehendak rakyat.

Pentingnya sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif adalah untuk memastikan integritas pemilu dan mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam proses demokratis. Melalui pemantauan dan pengawasan yang cermat, masyarakat dapat membantu menjaga proses pemilu yang bersih dan transparan.