Pemprov Beri Apresiasi SMA Negeri 1 Gorontalo lolos Nominasi 5 besar Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2023

SMA Negeri 1 Gorontalo Berhasil Menjadi Perwakilan Provinsi Gorontalo, Selasa (22//8/2023).

Berita1058 Dilihat

KINIGORONTALO.COMPenjabat sekretaris daerah provinsi Gorontalo Budiyanto Sidiki membuka kegiatan visitasi lomba perpustakaan SMA/SMK/MA tingkat nasional pada perpustakaan Eysendring SMAN 1 Gorontalo, Selasa (22//8/2023).

Budiyanto Sidiki dalam sambutannya mengatakan Kedatangan tim juri melakukan visitasi menjadi bukti nyata komitmen kita semua dalam rangka peningkatkan layanan perpustakaan yang bermuara pada meningkatnya nilai kegemaran membaca serta peningkatan indeks pembangunan literasi masyarakat khususnya di provinsi gorontalo.

“saya apresiasi dan rasa bangga kepada SMA Negeri 1 Gorontalo, yang telah berhasil menjadi perwakilan provinsi gorontalo masuk dalam nominasi lima besar tingkat nasional tahun 2023 pada lomba perpustakaan sekolah SMA/SMKA/MA khusus klaster tiga yang terdiri dari tiga belas provinsi” yakni Kalimantan, Sulawesi, NTB dan NTT.

Menurutnya, ini merupakan pencapaian yang patut diapresiasi dan memberikan contoh bagi sekolah-sekolah lainnya di provinsi gorontalo. semoga prestasi ini menjadi penyemangat untuk terus mengoptimalkan peran perpustakaan sebagai sarana pembelajaran sepanjang hayat tanpa membedakan umur dalam membentuk generasi yang berilmu, kritis, dan kreatif.

Pejabat sekretaris daerah menekankan betapa pentingnya perpustakaan di tingkat SLTA dalam menunjang kebutuhan pemustaka di sekolah. perpustakaan bukan hanya tempat untuk menyimpan buku-buku, tetapi juga menjadi pusat pengetahuan yang dapat memberikan kontribusi besar dalam proses pembelajaran. oleh karena itu, mari kita terus berupaya menjadikan perpustakaan sebagai tempat yang menarik, inspiratif, dan inovatif, sekaligus tempat berkegiatan agar mampu memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi para siswa. Perpustakaan provinsi sebagai perpanjangan tangan pemerintah pusat yang berfungsi sebagai perpustakaan pembina, perpustakaan rujukan, perpustakaan penelitian, memiliki kewenangan mengatur, mengawasi, dan mengevaluasi penyelenggaraan dan pengelolaan perpustakaan di wilayah provinsi sebagai mandatori UU 43 tahun 2007 tentang perpustakaan. saya mengajak seluruh perpustakaan tingkat SLTA se-provinsi gorontalo untuk terus bergerak maju meningkatkan kualitas dan pelayanan.

 

Visitasi lomba perpustakaan SMA/SMK/MA tingkat nasional pada perpustakaan Eysendring SMAN 1 Gorontalo

 

Kesempatan lain, Dra. Sri Sumekar, M.Si  Pustakawan Ahli Utama perpustakaan nasional RI sebagai Tim Juri Lomba mengungkapkan bahwa kegiatan visitasi adalah bagian dari pelaksanaan grand final lomba perpustakaan sekolah SMA/SMK terbaik tahun 2023 yang akan dilaksanakan pada tanggal 12 September di Jakarta. Gorontalo hebat bisa menyisihkan 12 belas provinsi klaster 3 yakni kalimantan, Sulawesi, NTT dan NTB.

Menurutnya Gorontalo sudah juara karena masuk lima besar artinya bahwa kejuaraan tingkat nasional sampai pada juara harapan dua.

Sebelumya Kepala sekolah SMA 1 Gorontalo Dra. Adianiwaty S. Polapa, M.Pd menyampaikan selamat datang dan terima kasih atas kehadiran TIM Juri tingkat Nasional yang melakukan visitasi di Perpustakaan eisendring SMA 1 Gorontalo.

“Visitasi dilakukan setelah ditetapkan sebagai juara 1 lomba tingkat provinsi yg diselenggarakan dinas Kearsipan dan perpustakaan provinsi Gorontalo pada bulan mei tahun 2023”, kata Adianiwaty S. Polapa dalam sambutannya.