KPU BONE BOLANGO AJAK PARTAI POLITIK DAN MASYARAKAT SERTA MEDIA MASSA GELAR FGD; INI PENJELASAN KETUA KPU

Fokus Group Discussion Komisi Pemilihan Umum, Selasa (27/06/2024).

Bone Bolango, Politik429 Dilihat

KINIGORONTALO.COM, BONE BOLANGO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bone Bolango  menggelar Fokus Group Discussion (FGD) membahas penyiapan rumusan kebijakan pemungutan dan perhitungan suara pada pemilu serentak tahun 2024 nanti, dilangsungkan di Warkop Coffee Paste, Kecamatan Tilongkabila, Kabupaten Bone Bolango. Selasa (27/06/2024).

 

Kegiatan dihadiri oleh unsur partai politik, Bawaslu, Mahasiswa, serta keterwakilan dari Media cetak, online, dan elektronik.

 

Ketua KPU Bone Bone Bolango, Sutenty Lamuhu mengatakan bahwa agenda ini adalah tindak lanjut dari KPU RI yang mengharuskan KPU Provinsi dan Kabupaten/Kota untuk melakukan Fokus Group Discuccion (FGD).

 

“dalam FGD ini bertujuan menghimpun saran masukan tanggapan yang diberikan atau disampaikan oleh pihak-pihak terkait dan juga perwakilan masyarakat dalam rangka untuk memparipurnakan regulasi pemungutan dan perhitungan suara yang akan menjadi pedoman pada saat pelaksanaanya di Pemilu 2024 nanti”, ucapnya saat diwawancarai awak media.

 

Pokok pembahasan dari agenda terkait dengan komposisi KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) dalam menjalankan  tugas dan tanggungjawabnya.

 

“lalu mekanisme penyusunan, pembuatan salinan berita acara yang akan disampaikan juga dalam hal ini para pengawas TPS, saksi, dan unsur-unsur yang berkaitan dengan itu”, jelasnya.

 

Selanjutnya, Ketua KPU Bone Bolango Sutenty Lamuhu menyampaikan bahwa selain pemungutan dan perhitungan suara, yang menjadi utama dalam pelaksanaan Pemilu 2024 nanti ialah pengaturan design tempat, dan penempatan personil atau petugas KPPS yang akan bertugas nanti.

 

“Dan bagaimana nanti masyarakat itu akan menyalurkan hak pilihnya di TPS itu sendiri, tutupnya.