PUSTAKAWAN ASAL PERPUSTAKAAN NASIONAL RI UNGKAP ISI UU 43 2007 SAAT DIARPUS GORONTALO JADI TUAN RUMAH BIMTEK DI CITIMALL

Rombongan Peserta Perpustakaan Nasional Republik Indonesia dan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Gorontalo saat berada dia Aula Hotel Maqna. Selasa (13/6/2023)

KINIGORONTALO.COM, KOTA GORONTALO – Perpustakaan Nasional Republik Indonesia bekerjasama dengan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Gorontalo melaksanakan “Bimbingan Teknis Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah” bertempat di Citi Mall Kota Gorontalo. Selasa, (13/6/2023).

Kepala Perpustakaan Nasional RI yang di wakili oleh Pustakawan Ahli Utama Dra. Woro Titi Haryanti membuka kegiatan bimtek tersebut.

Woro Titi Haryanti menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Gorontalo yang telah bersedia menjadi tuan rumah dan Panitia Daerah sehingga kegiatan ini berjalan sesuai dengan agenda pusat.

Undang Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan bahwa Perpustakaan Nasional adalah merupakan Lembaga Non Kementrian yang bertugas sebagai Perpustakaan Pembina, Perpustakaan Rujukan, Perpustakaan Deposit, Perpustakaan Penelitian, Perpustakaan Pelestarian dan Pusat Jejaring Perpustakaan, kata Woro Titi Haryanti.

Menurut Woro Titi Haryanti bahwadi Indonesia saat ini ada 164.610 Perpustakaan dan yang paling besar adanya di Perpustakaan Sekolah, oleh karenanya ingin memastikan dan tentu saja dengan bantuan semua pihak agar Perpustakaan dilaksanakan sesuai Standar dan tentu siap untuk di Akreditasi.

Tentunya Dinas Kearsipan dan Perpustakaan yang ada di Provinsi akan melakukan pendampingan terlebih dahulu, advokasi terlebih dahulu untuk bisa menjadi Perpustakaan yang sesuai Standar, Lanjutnya.

Ditempat yang sama, Syahrudin Porindo mewakili Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan menyampaikan selamat datang kepada rombongan penyelenggara Kegiatan Bimtek Pengembangan Perpustakaan Sekolah/ Madrasah di Provinsi Gorontalo.

Ia pun berharap kegiatan ini dapat diikuti dengan sebaik-baiknya materi yang disampaikan oleh para Narasumber demi Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah yang ada Kabupaten dan Kota menuju Perpustakaan yang memenuhi Standar, Kata Syahrudin.

Kegiatan tersebut diikuti perwakilan pengelola Perpustakaan Sekolah SMP, SMA, SMK, MA, dan SLB di Provinsi Gorontalo.