JCH KLOTER 29 UPG; DIISI ORANG BERUSIA 65 TAHUN

Salah satu calon jemaah haji yang sulit berjalan dibantu dengan kursi roda yang berasal dari Kabupaten Bone Bolango, di Asrama Haji Provinsi Gorontalo, Selasa (13/6/2023).

Berita, Nasional1185 Dilihat

KINIGORONTALO.COM, DAERAH – Sebanyak 391 Jemaah Calon Haji (JCH) Kloter 29 Ujung Pandang (UPG) telah diberangkatkan dari Asrama Haji Provinsi Gorontalo, Selasa (13/6/2023).

Jemaah haji tertua yakni Hasanah Karim berusia 84 tahun asal Kabupaten Gorontalo sementara haji termuda Silvana Nurain Mahmud berusia 20 tahun asal Bone Bolango. Silvana didaftarkan orang tuanya saat masih berusia delapan tahun.

“Alhamdulillah saya berangkat dengan paman saya. Didaftarkan orang tua saat masih umur delapan tahun,” kata Silvana saat diwawancarai Anggota Komisi VIII DPR RI Idah Syahidah saat pantau pemberangkatan jemaah.

Data Kementrian Agama Provinsi Gorontalo menyebut JCH Kloter 29 UPG banyak diisi oleh orang berusia 65 tahun ke atas yakni 130 orang sementara di bawah 65 tahun sebanyak 261 orang.

Tidak salah jika pemerintah mengangkat tema haji tahun ini sebagai “Haji Ramah Lansia”. Jemaah yang sulit berjalan dibantu dengan belasan kursi roda sejak berada di asrama, menaiki bus hingga pesawat.

Kloter 29 UPG berangkat dari Bandara Djalaluddin menuju Bandara Hasanuddin dengan pesawat Lion Air pukul 10.45 WITA. Selanjutnya pada tanggal 13 Juli akan bertolak dari Bandara Hasanuddin Makassar ke Jeddah, Arab Saudi dengan maskapai Garuda Indonesia pada pukul 17.45 WITA.

rilis pemprov/kominfotik